Monday, October 7, 2013

wello Opal

Batu Opal/ kalimaya adalah bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). 3% hingga 21% dari berat terbentuk pada suhu yang relatif rendah dan ada diretakan setiap jenis batuan, umumnya ditemukan bersama limonit, batu pasir, riolit, marl, dan basal. 97% opal berasal dari Australia dan merupakan batu permata nasionalnya.

struktur dalam opal membuatnya mampu menyebarkan cahaya, tergantung kondisi tempat batu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan berbagai warna.
menurut beberapa sumber, opal yang merupakan hydrated amorphous silica ini memiliki kekerasan batu antara 5.5 - 6.5 , sehungga bisa dikatakan lembek jiak dibandingkan dengan kekerasan batu intan (10-11). batu permata ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga sangat ringkih. terutama jika dipaparkan pada panas (misalnya panas matahari atau api) maka permata ini bisa rusak karena kehilangan kandungan airnya. Batu opal/kalimaya, untuk di wilayah Indonesia hanya dapat ditemukan di daerah Lebak, Rangkasbitung,propinsi Banten.

Konon Batu opal/kalimaya ini bersifat 'amplifier'. Memperbesar apa yang kita lakukan dan mengembalikannya kembali ke diri kita sendiri. sehingga ad juga yang menyebutnya sebagai  batu "karma pala". maksudnya adalah jika pemilik batu ini berbuat baik, maka perbuatan baiknya itu akan semakin banyak & besar yang pada akhirnya akan kemabali lagi padanya berupa kebaikan atau nasib mujur yang datangnya berlimpah ke diri si pemilik. demikian juga sebaliknya, jika pemiliknya berbuat yang kurang baik, maka nasib buruk akan datang lebih banyak kepada dirinya. selain itu juga batu ini memiliki kemampuan penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini. Dari segi kesehatan opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein.

Batu ini dapat dijadikan cincin, kalung, bros, anting - anting, dan lain sebagainya seperti pada gambar - gambar di bawah ini..
Silahkan kunjungirawa-bening.com ^o^)/


No comments:

Post a Comment